Loading...... Refresh

Berita OPD


06 Mei 2020

Hardiknas 2020, Pandemi Covid-19 Membuat Pesan Ki Hajar Dewantara Semakin Relevan


Medan (SIB) - Peringatan Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas 2020 dilakukan di tengah wabah Covid-19. Wabah yang telah ditetapkan sebagai pandemi itu mengubah sistem pembelajaran di Indonesia menjadi belajar daring.
 
Sistem belajar daring saat ini memiliki keterbatasan seperti yang dialami Ki Hajar Dewantara pada masa lalu. Hal ini membuat, pesan yang diwariskan oleh Ki Hajar Dewantara menjadi semakin relevan, yaitu berjuang.
"Kita harus berjuang melakukan pembelajaran yang efektif sekalipun banyak keterbatasan. Jika kita tidak mampu melaksanakan pembelajaran yang baik pada masa ini, maka akan mempengaruhi kualitas masyarakat kita" ungkap Dr Chandra Situmeang SE MSM, akademisi Universitas Negeri Medan saat diwawancarai lewat pesan WhatsApp, Sabtu (2/5).
 
Chandra mengatakan pandemi Covid-19 membuat para orangtua yang selama ini mungkin abai dan hanya menyerahkan proses pendidikan anak-anaknya kepada sekolah dan guru sekarang secara alami ditarik untuk terlibat.
"Guru dan orangtua beserta semua pihak lainnya harus berjuang bersama melaksankan pendidikan yang berkualitas dengan segala keterbatasannya. Kolaborasi menjadi kunci mengatasi masalah ini," jelasnya.
 
Saat ditanya apakah sistem belajar daring yang telah diterapkan efektif, Chandra mengakui proses pembelajaran yang terjadi selama dua bulan ini tidak efektif.
 
“Secara umum sekolah dan guru kita belum siap untuk melaksanakan pembelajaran daring. Kebanyakan hanya menerjemahkannya menjadi proses pemberian tugas,” katanya seraya menambahkan faktor akses internet dan kepemilikan gawai juga jadi penghambat.
Hal ini bisa dipahami karena memang sekolah tiba-tiba menghadapi suatu kondisi yang memang belum pernah mereka bayangkan sebelumnya.
 
Karena itu, dia berharap virus corona cepat berakhir. "Harapan saya walau kita belum sepenuhnya terbebas, namun proses pembelajaran di bulan Juli sudah mulai dapat dijalankan secara normal," katanya.
Namun jika tidak demikian, lanjutnya, sekolah dan kampus harus memanfaatkan waktu libur semester untuk meningkatkan kualitas pembelajaran online. (R16/f)
 
 
 



  • Agenda
  • Date Title

Loading Counter...

Share...